2 Cara Atasi Ubuntu 18.04 Kamu Cepat Panas dan Boros Baterai

Soalisazi44 - Hallo sobat ubuntu ? How are you sob ? Fine – fine aja kan. Kali ini admin akan share solusi untuk mengatasi laptop kalian cepat panas atau overheat yang menggunakan ubuntu 18.04. Baru – baru ini saya juga mengalami masalah tersebut bukan hanya cepat panas bahkan konsumsi daya menurun dengan drastis hanya bisa bertahan kurang lebih 50 menit dan paling lama 1 jam yang normalnya bisa bertahan 2-3 jam dalam sekali pengisian. 

Masalah ini bisa dikarenakan hardwarenya yang sudah tua atau software itu sendiri. Sebelumnya saya pernah menginstall ubuntu 16.04 dan tidak terjadi overheat ini dan normal – normal saja, dengan hal ini pasti datangnya masalah berasal dari sisi softwarenya. Dan benar saja setelah menginstall beberapa aplikasi tidak terjadi lagi overheat di laptop yang saya gunakan. Mungkin bagi sobat baru menginstal ubuntu 18.04 atau mengalami masalah seperti saya bisa mencoba cara di bawah.

1. Lampu Webcame Menyala (opsional)

Baterai yang cepat panas bisa juga diakibatkan oleh lampu webcame yang terus menyala tanpa kita sadari. Kasus ini juga pernah saya alami di ubuntu 18.04 bahkan pada ubuntu versi sebelumnya juga. Bahkan baru beberapa menit panas sudah mulai terasa pada bagian kanan sebelah mousepad. Panas ini membuat saya tak merasa nyaman ketika menggunakan ubuntu ini kebetulan saat itu laptop saya terinstal 2 sistem operasi atau dualboot

Awalnya saya kira masalah ini merupakan resiko dari dualboot dan ternyata setelah lama mencari di google akhirnya masalah pun teratasi dengan mematikan webcame. Dengan ini webcame sobat tidak akan bisa digunakan tanpa menghapus kembali kode yang dimasukan. Untuk perintahnya simak di bawah.
sudo modprobe -r uvcvideo
Setelah itu restart laptop sobat, untuk mematikan secara permanen bisa lihat comman selanjutnya
sudo gedit /etc/modprobe.d/blacklist.conf
Kemudian saat aplikasi terbuka masukan dua kode ini paling bawah
#Disable webcam 
blacklist uvcvideo

2. Install aplikasi TLP

untuk cara selanjutnya adalah dengan menginstal aplikasi pihak ke-tiga yaitu TLP. Tlp berfungsi untuk memanage sekaligus menghemat baterai. Cara kerja aplikasi ini cukup simpel sobat hanya perlu menginstalnya saja atau bisa diatur sesuai keinginan. Untuk cara installnya cukup ikuti command di bawah : 
sudo apt install tlp
dan selesai efek baru akan terasa ketika sudah merestart laptop sobat.
Kalau sobat ingin aplikasi ini berbasis gui 
sudo add-apt-repository ppa:linuxuprising/apps 
sudo apt-get update 
sudo apt install tlpui

0 Comments