5 Fitur Menarik Yang Dibawa Miui 10 Part I



Soalisazi44 - Hallo sobat miui, how are you bro? Sudah update miui 10? kalau belum, segera sobat update. Karena pembaruan yang ditawarkan begitu keren dan menarik mulai dari tampilan yang modern, kecepatan yang meningkat, hingga suara notifikasi yang terdengar unik. Hal itu membuat miui 10 ini berbeda dari kebanyakan user interface yang ada.

Miui 10 secara resmi diperkenalkan xiaomi pada Tanggal 6 Juni 2018 di India. Berbeda dari miui 9 yang memakai tagline “Lighting fast” dengan mengutamakan kecepatan, Kali ini Miui 10 mengusung tagline Designed for full screen experience. Karena miui ini di desain untuk kebutuhan smartphone jaman sekarang yang hampir semuanya memakai layar full display atau memiliki rasio 18:9.
untuk mengetahui apa saja pembaruan miui 10 yang dibawa Langsung saja simak 5 fitur dibawah.

1. Full screen gestures


Untuk yang pertama fitur ini sesuai dengan tagline miui 10 yang mengedepankan full screen display. Karena dengan ini layar hp xiaomi kita akan penuh tanpa ada tombol navigasi yang berada di bawah icon. Kalau sobat masih belum terbiasa dengan gestures ini sobat bisa atur ulang di menu pengaturan. 

Gestures ini berfungsi sebagai pengganti tombol navigasi. Cara penggunaanya cukup mudah kita tinggal swipe ke kiri atau kanan untuk back,swipe dari bawah ke atas untuk Home dan swipe dari bawah ke atas dengan tekan agak lama untuk menampilkan Recent Apps.

2. Simple and Lightweight Notifications


Hal yang membuat saya antusias dengan miui 10 ini adalah bagian notifikasinya. Berbeda dengan miui 8 maupun 9 yang terkesan kurang menarik, xiomi menghapus semua elemen UI yang tidak perlu dan hasilnya panel notifikasi yang tampil begitu modern, simple dan fresh.

3. Recents fit the screen perfectly and Cool


recent app adalah bagian yang menampilkan aplikasi yang telah di buka atau sedang berjalan. Xiaomi merombak total bagian ini khusus untuk full display screen sehingga terlihat lebih menarik, jauh lebih mudah dan sangat efektif. Sekilas mungkin sedikit mirip dengan timeline windows 10.

untuk menghapus salah satu aplikasi yang berjalan sobat tinggal swipe kekanan maupun kiri pada aplikasinya. Dan masih banyk lagi fungsi recent
app ini termasuk split screen bisa dilakukan di bagian ini.

4. App vault


mungkin bukan hal yang baru, karena app vault ini sudah ada di miui 9. namun kini hadir di miui 10 dengan banyak lagi fungsi yang di tambahkan. salah satu fitur yang sangat berguna sobat dapat menuliskan catatan di app vault ini, 

sebagai jalan pintas aplikasi yang cukup sering kita gunakan, dan masih banyak lagi fitur yang lainnya. Untuk mengakses app vault ini dapat diakses melalui halaman utama kemudia swipe ke kanan.

5. AI Portrait


kini mode potrait dapat dinikmati ponsel xiaomi yang menggunakan miui 10 tanpa harus memiliki kamera ganda alias single kamera. Dengan mode ini sobat bisa mengambil foto selfie dengan efek bokeh yang lumayan. 

Untuk saat ini tidak semua ponsel xiaomi dapat menikmati fitur ini. Untuk versi miui 10.1.2 global yang saya gunakan di redmi 5 tidak ada mode potrait pada aplikasi kamera bawaan. Saya menginstal Gcam untuk dapat mencobanya.

2 Comments