Pake Aplikasi Ini Ubuntu Kalian Akan Jadi Lebih Menarik

Soalisazi44 - Apa Kabar bro - bro ubuntu.. setelah 2 artikel sebelumnya membahas tentang instalisasi ubuntu dan hal pertama yang harus di lakukan setelah instal. gak lengkap rasanya kalau hanya sampai di situ. bagi bro - bro yang menyukai seni dan bejiwa kreatif pasti akan langsung bereaksi dengan tampilan ubuntu yang begitu berbeda (only for windows user). dan bagi bro - bro yang sangat erat dengan internet pasti akan langsung searching - searching di google cari bahan buat ngoprek. sesuai dengan judul kali ini admin akan berbagi cara agar bro - bro betah dan nyaman di ubuntu.

Tampilan ubuntu memang sudah cukup menarik dengan sentuhan sederhana pasti akan jadi lebih  istimewa. yang perlu sobat siapkan hanyalah sedikit  keberanian dan kuota internet yang cukup. kalau sobat termasuk orang yang tidak ingin repot atau pusing dan khawatiran jika pc atau laptop rusak, saran saya sobat jangan mengikuti tutorial ini tapi kalau sobat bukan orang yang begituan maka beruntunglah. kalau tampilan sudah mencukupi apa yang kita inginkan pastilah membuat kita nyaman menggunakannya. stop basa - basi langsung saja untuk tutorialnya cek di bawah.

1. Gnome Tweak Tool

aplikasi pertama yang wajib di install untuk ngoprek tampilan ubuntu ialah gnome tweak tool. jika bro - bro ingin  mengubah theme dan icon bawaan ubuntu atau mengganti font default maka aplikasi ini akan sangat berguna sekali. dan masih banyak lagi fungsi dari aplikasi ini. untuk cara menginstallnya  kalian bisa ketikan perintah di bawah melalui terminal.

sudo apt-get install gnome-tweak-tool

tunggu hingga proses selesai. jangan lupa proses ini membutuhkan koneksi internet.


2. Cairo - Dock

aplikasi ini sangat berfungsi sekali untuk mengoptimalkan tampilan desktop karena mempermudah pekerjaan sehari - hari. Pada prinsipnya, cairo - dock merupakan launcher docking pad yang di tampilkan pada layar desktop untuk mendukung fungsi shorcut (jalan pintas) ataupun untuk menggantikan fitur panel bar ataupun desktop bar. untuk sederhananya bisa sobat lihat gambar di atas samping kanan, cairo - dock terletak di bawah panel. sedikit miriplah seperti di mac os. untuk cara installnya lihat di bawah.

sudo add-apt-repository ppa:cairo-dock-team/ppa

sudo apt-get update

sudo apt-get install cairo-dock  cairo-dock-plug-ins

3. Theme Icon

sesuai dengan namanya aplikasi ini berguna untuk mengganti icon ataupun tema bawaan ubuntu. menginstall aplikasi ini akan membuat ubuntu sobat jadi lebih berbeda, maksudnya keren sob. bagi user mac os pasti tidak asing dengan icon yang ada di gambar diatas, yup tema yang saya gunakan ialah macbuntu.

sudo add-apt-repository ppa:noobslab/macbuntu
sudo apt-get update
sudo apt-get install macbuntu-os-plank-theme-lts-v7

untuk ubuntu 18.04 yang tidak bisa lemat terminal cek link di sini

seperti biasa cara ini melalui terminal dan perlu koneksi internet. untuk tema yang lainnya cek di sini ..

1 Comments