Install Aplikasi Windows di Ubuntu 18.04 Menggunakan Wine

Soalisazi44 -  apa kabar sob ? Kali ini saya akan berbagi cara agar bisa menginstal aplikasi windows di ubuntu 18.04 menggunakan wine. sebelumnya kalo sobat belum tahu apa itu wine bisa cek pengertiannya di bawah. 
Wine is not emulator atau akronimnya wine adalah sebuah program yang dapat digunakan untuk menginstal aplikasi windows agar dapat berjalan langsung di linux, khususnya ubuntu. Wine berbeda dengan kebanyakan emulator yang ada karena wine bukan emulator. 
Perbedaanya dengan emulator adalah aplikasi yang sudah terinstal bisa langsung kita panggil dari luar tanpa harus membuka wine terlebih dahulu, sedangkan untuk emulator syarat utamanya adalah membukanya terlebih dahulu dan hanya bisa dimainkan di emulator itu sendiri.
Bagi sobat pengguna windows dan baru pindah ke ubuntu dan masih kurang familiar dengan aplikasi bawaan ubuntu sangat disarankan sekali sobat menginstal wine ini karena sobat bisa menginstall aplikasi windows di ubuntu. Namun kalau sobat seorang gamer aplikasi wine saat ini ada beberapa game yang error saat di jalankan, jadi harus di tweak sedikit.

Performa yang di tunjukan mirip seperti windows atau bahkan akan lebih ringan. Untuk cara instalnya sobat bisa lihat di bawah.

1. install via terminal

sebenarnya ada opsi lain yaitu melalui ubuntu software, tetapi lebih cepat lewat terminal sobat tinggal masukan command di bawah.
Untuk 64 bit
sudo apt install wine64
untuk 32 bit
sudo apt install wine32
kemudian tunggu hngga proses selesai

2. setting wine

secara default wine sudah dapat dijalankan tapi untuk dapat memainkan atau menginstall game besar yang harus dilakukan adalah mengatur settingan wine. Untuk mengaturnya bisa melalui terminal dengan mengetikkan perintah :
winecfg atau winetricks

3. install aplikasi

untuk menginstall atau menjalankan aplikasinya bisa melalui terminal dan caranya cukup mudah dengan perintah:
wine (nama aplikasi)
contoh
wine pcsx2.exe
kemudian tekan enter dan aplikasi langsung terbuka karena sebelumnya saya sudah menginstalnya.

0 Comments