Main Game Basara 3 Utage Di Ubuntu 18.04 Menggunakan Dolphin Emulator

Soalisazi44 – Gimana kabarnya nih bro – bro , moga baik – baik  aja ya. Dah lama nih admin kaga posting, hehe maklumlah sudah masuk waktu – waktu sibuk dalam sekolah yang sebentar lagi akan keluar jadi waktunya akan banyak sekali tersita oleh kegiatan persiapan Un. Lansung saja kali ini admin akan memberi tahu kepada bro – bro bagaimana cara main game dalam sistem operasi linux, khususnya ubuntu. 

Memang tidak sebanyak game di windows yang dapat kita mainkan. Ada berbagai macam cara untuk bermain game dalam ubuntu salah satunya melalui emulator. Artinya kita tidak bisa langsung memainkan sebuah game yang kita unduh seperti di windows. Alhasil kita harus menginstall terlebih dahulu aplikasi khusus. Aplikasi emulator juga ada berbagai macam yang dapat di mainkan di ubuntu contohnya Emulator PSP dan Dolphin. Untuk kali ini admin hanya akan membahas tetang Dolphin.

Dolphin adalah aplikasi dari salah satu emulator yang yang dapat dijalankan di linux dan bebas biaya alias free yang dapat memainkan game konsol tertentu. Emulator ini dapat memainkan  bayank sekali game salah satunya Sengoku Basara 3 Utage yang ada dalam konsol playstation 3 dan Nintendo wii. Masih banyak lagi game yang dapat dimainkan dalam emulator dolphin ini. Untuk tutorial cara instalnya cek di bawah.

1. Download dolphin emulator dolphin

Download emulator melalui Ubuntu software Atau Terminal.
Untuk command terminal
sudo apt-add-repository ppa:dolphin-emu/ppa
sudo apt update
sudo apt install dolphin-emu

2. Setting Dolphin

untuk dapat lancar memainkan emulator dolphin ini sobat harus setting terlebih dahulu agar performa yang di hasilkan oke punya. Dibagian ini terdapat 3 menu setting.
a. Ghraphic Configuration
Bisa sobat lihat diatas untuk selebihnya biarkan default
b. Menu config
Seperti di atas selebihnya biarkan sistem yang menentukan
c. Controller
di bagian ini kita setting agar dapat memainkan melalui keyboard atau gamepad, bagi yang sudah memiliki controller nintendo wii sobat tidak perlu setting lagi.
Dalam menu controller ada dua opsi, salahsatunya sobat pilih wiimote.seperti gambar diatas sobat bisa atur sesuai keinginan. Disini admin menggunakan keyboard.

3. Game Ready

dalam opsi terakhir ini sobat hanya perlu memasukan iso game yang telah di download. Bagi yang belum mempunyai iso game cek di sini . Pilih open kemudian cari tempat Iso game yang sudah sobat download
Kemudian open dan main.
Untuk dapat 60 fps pc sobat haru memiliki spek yang lumayan tinggi. Spesifikasi yang admin gunakan :

CPU:  Intel Core i3-5005U
RAM:  6 GB DDR3
VIDEO:  NVIDIA GeForce  920MX

kalau sobat memiliki spek lebih bagus dari admin maka perfomanya akan lebih baik. Bagi sobat yang masih bingung bisa cek video di bawah

3 Comments

  1. bang saya mau nanya emulator yang cocok buat maen cs go di ubuntu 18.04

    ReplyDelete
  2. tidak bisa naik kuda bang di basara 3

    ReplyDelete